WEB BLOG
this site the web

Indonesia Kehilangan Hutannya

Hutan di Indonesia perlu dihijaukan lagi. Kerusakan hutan yang parah menyebabkan Indonesia harus kehilangan 70 persen hutannya.

Indonesia memiliki 10 persen hutan tropis dunia yang masih tersisa. Dalam hutan itu terdapat juga 12 persen dari jumlah spesies binatang mamalia, 16 persen reptil dan amphibi, 1.519 spesies burung dan 25 persen spesies ikan dunia. Sebagian merupakan hewan endemic atau hanya dapat ditemui di daerah tersebut.

Penebangan hutan Indonesia yang tidak terkendali menjadi peyebab utama penyusutan hutan tropis secara besar-besaran. Laju kerusakan hutan periode 1985-1997 tercatat 1,6 juta hektar per tahun. Sedangkan pada periode 1997-2000 kerusakan bertambah menjadi 3,8 juta hektar per tahun. Oleh karena itu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kerusakan hutan tertinggi di dunia.

Kerusakan terjadi di daerah kaya hutan pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Khusus pulau Jawa, jika sampai pertegahan abad ke-18, hutan Alam di Jawa diperkirakan masih 9 juta hektar, namun pada akhir 1980-an, tutupan hutan alam Jawa hanya tinggal 0,97 hektar atau 7 persen dari luas total pulau Jawa.

Motif ekonomi selalu yang pertama. Kerusakan hutan di Kalimantan penyebabnya ialah ekspansi perusahaan besar dalam berinvestasi di Kelapa Sawit. Perkembangan harga minyak sawit (CPO) di pasar internasional terus naik. Harga CPO dunia pernah mencapai USD 1.200/ton. Di lain pihak perdagangan kayu juga semakin marak. Contohnya adalah Kayu Ramin. Ramin merupakan jenis pohon yang paling berharga di hutan rawa Borneo dan Sumatera. Dalam pasar internasional ramin dikenal sebagai ekspor andalan kayu dari negara-negara Asia Tenggara.

Kejadian-kejadian tersebut tentu sangat memprihatinkan. Hutan adalah rumah bagi jutaan spesies. Didalamnya ada air, makanan, dan obat-obatan. Hutan juga penting sebagai pengatur iklim global dan pola-pola cuaca, yang merupakan sistem-sistem penting dari lingkungan hidup yang mendukung kehidupan di atas Bumi.

Untuk itu, marilah kita lestarikan hutan Indonesia. Indahnya hutanku,, indahnya Indonesiaku..

Selamatkan Hutan Kita ! Save Our World…

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies