WEB BLOG
this site the web

Berbicara di Depan Publik

Berbicara di depan publik memiliki ciri-ciri khusus di antaranya adalah jarak antara yang berbicara dengan pendengarnya yang berjumlah banyak. Ada pembagian waktu bicara yang jelas antara pembicara yang ada di depan panggung dengan pendengarnya. Nah, dengan adanya ci-ciri seperti ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seorang pembicara publik sebagai berikut.

 Power of voice, yaitu kekuatan volume suara. Seorang pembicara publik suaranya harus dapat didengar secara jelas oleh audiensnya yang posisinya berjarak dengannya. Untuk itu diperlukan keterampilan vocal yang memadai, seperti intonasi, artikulasi, dan dinamisasi.
 Expression, yaitu ekspresi suara yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang mendengarnya. Para motivator biasanya memunculkan ekspresi penuh semangat dengan pilihan kata-kata yang menunjang, seperti “Dahsyat !”, “Salam Luar Biasa !”, atau “Anda layak untuk sukses…!”
Body Language, yaitu bahasa tubuh yang mampu mendukung kalimat dan suara yang dilontarkan menjadi lebih hidup. Lihat bagaimana gerakan-gerakan tubuh presenter terkemuka, Indra Bekti atau Indy Barends untuk menghidupkan kalimat yang mereka ucapkan. Amati juga bagaimana seorang Mario Teguh berjalan dan menggerakkan tangannya manakala ingin memotivasi pemirsanya.
 Mind Management, yaitu kemampuan mengelola pikiran pada saat berbicara. Pikiran adalah kekuatan utama yang menggerakkan perasaan dan perkataan seseorang saat berbicara di depan publik (What you think is what you feel, is what you talk). Jadi, kualitas akhir seorang pembicara publik sangat dipengaruhi oleh kualitas pikirannya saat sedang berbicara.

Keempat hal tersebut adalah modal utama untuk menjadi seorang pembicara publik yang hebat. Apabila sering melatih keempat modal utama tersebut secara konsisten, niscaya Anda akan mampu merealisasi mimpi kita untuk menjadi pembicara publik yang hebat. Selamat mencoba !

( Dikutip dari: Bayu Krisna, Mendulang Rupiah Lewat Kemampuan Berbicara, Oktober 2008 )

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow....mantabb

Sandy CK

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies